Aplikasi E Raport - Yuk Sinau
Bisa jadi beberapa waktu lalu Anda mengetik kata 'Aplikasi E Raport' di google dan menemukan situs ini berada di urutan atas pencarian Anda. Untuk itu kami ucapakan selamat datang di situs chipcoid. blogspot. com yang merupakan situs yang berisi berbagai informasi terkait pendidikan, pengetahuan, materi pelajaran, tips n trik, tutorial dan banyak lagi lainnya. Nah kami sudah merangkum informasi terkait Aplikasi E Raport, yuk langsung disimak saja.
Pembahasan Lengkap Aplikasi E Raport
Sejak pad bulan November 2017, Direktorat Pembinaan SMP sudah merilis Aplikasi e-Rapor SMP.
Di dalam perkembangannya juga sudah dikerjakan beberapa kali pembaruan, sampai hingga di bulan November 2020, dirilis lah kembali Aplikasi e-Rapor SMP tersebut dalam Versi 2.2.
Selengkapnya terkait Aplikasi E Raport, simak ulasannya berikut ini.
Pengenalan
Aplikasi e-Rapor SMP versi 2.2 satu ini telah mengakomodir Kebijakan Merdeka Belajar dan juga kondisi pandemi Covid-19, diantaranya seperti memfasilitasi sekolah yang mengerjakan pembelajaran serta penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) serta Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran terhadap Kurikulum 2013 secara utuh (sesuai dengan Permendikbud RI Nomor: 37 Tahun 2018), dilihat dari KI serta KD Pelajaran terhadap Kurikulum 2013 untuk Keadaan Khusus (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020 dan Keputusan Kepala Balitbang serta Perbukuan Nomor: 018/H/KR/2020), serta dilihat dari penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh satuan pendidikan (sesuai dengan Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020).
Adapun manfaat dari aplikasi e-Rapor SMP seperti:
- Menjadi salah satu instrumen akuntabilitas penilaian oleh pendidik yang diharapkan mampu membantu serta mempermudah tugas di dalam merencanakan serta mengerjakan penilaian.
- Mengolah & menganalisis hasil penilaian.
- Mencetak rapor.
- Dan melaporkan hasil penilaian peserta didik pada orang tua atau wali murid sampai disinkronisasikan ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Berikut ini adalah beberapa fitur terbaru atau pembaharuan di dalam Aplikasi e-Rapor SMP / SD versi 2.2, antara lain:
- Penambahan sub menu Data Kompetensi Dasar terhadap menu Data Referensi Lokal (admin sistem paket).
- Perbaikan terhadap tampilan Data Kompetensi Dasar dikelompokkan dari KD dari Permen 37, Balitbang / Mandiri (admin sistem paket).
- Adanya menu Import Kompetensi Dasar (admin sistem paket).
- Penambahan terhadap menu Download Format Import Kompetensi Dasar (admin sistem paket).
- Terdapat menu Upload Kompetensi Dasar (admin sistem paket).
- Penambahan menu aktif dan non aktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (Guru).
- Adanya menu Data Kompetensi Dasar sesuai dengan permendikbud 37.
- Perbaikan dari pengambilan data sekolah
- Adanya perbaikan referensi Agama Khonghucu.
- Penambahan fitur perbaikan pengecekan nilai yang dikirim kepada dapodik.
- Nonaktif Tombol “Tanpa Setting Kertas” terhadap cetak rapor.
Catatan Penting sebelum memakai Aplikasi e-Rapor SMP / SD Versi 2.2, untuk sekolah yang telah memakai e-Rapor V2.0:
- Sangat disarankan untuk admin guna membaca tuntas panduan e-Rapor sekaligus panduan penilaian;
- Sebelum mulai memakai e-Rapor, pastikan data yang ada did alam dapodik telah final. Jangan sampai terdapat data siswa yang salah rombel, salah data rincian, penginputan dapodik yang tak sesuai prosedur sebab bisa menimbulkan permasalahan yang bertingkat.
- Silahkan kalian mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari versi 2.0, lalu update ke dalam versi 2.1, kemudian baru update ke Aplikasi e-Rapor SMP / SD Versi 2.2
- Pastikan di dalam menginstal e-Rapor, di dalam perangkat sudah terdapat aplikasi Dapodik;
- Selama proses instal serta update, tutup seluruh aplikasi lainnya, serta pastikan antivirus telah dinonaktifkan;
- Selepas selesai instalasi, lalu akan muncul 2 port yang dapa diakses. Port 2679 digunakan untuk akses local host, serta port 3679 untuk akses lewat client;
- Disiplin dalam membuat akun admin lebih dari satu serta selalu mengerjakan backup selepas mengerjakan pengerjaan e-Rapor;
Aplikasi E Raport
Dilihat dari alur proses data E-Raport pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar atau SD yang telah terintegrasi dengan Dapodik, sehingga Satuan Pendidikan tak perlu lagi untuk menginputkan ulang data – data pendukung seperti data Satuan Pendidikan, PTK, Peserta Didik, Rombongan Belajar, Mata Pelajaran & Ekstrakurikuler.
Satuan Pendidikan bisa memakai E-raport jika perangkat komputer yang dimilikinya telah sesuai terhadap spesifikasi yang sudah ditentukan.
Komputer itu nantinya dipakai sebagai server dengan spesifikasi minimal sebagai berikut :
- Prosesor setara dual core.
- OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan memakai windows 7 ke atas atau bisa juga win server 2012.
- Ruang kosong di dalam drive C minimal 500 MB.
- RAM minimal 2 GB, dan sangat disarankan 4 GB.
- Sangan disarankan juga memakai browser chrome.
a. Langkah Persiapan
Supaya instalasi bisa berjalan dengan baik, berikut ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan, diantaranya yaitu:
- Server / komputer yang dipakai sebagai server harus terinstal dengan aplikasi Dapodik.
- Nonaktifkan windows firewall.
- Nonaktifkan anti virus yang terpasang di dalam server / komputer.
b. Login Admin
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika hendak login sebagai admin, antara lain:
- Mengambil data – data yang berasal dari Dapodik.
- Generate data user lewat menu Data User.
- Mengubah password admin.
- Tambah admin (apabila dibutuhkan) lewat menu Data Administrator – tambah Administrator.
- Ringkas Nama Mata Pelajaran
- Mapping Mapel Rapor.
- Input KKM Mata Pelajaran
- Input Tanggal Rapor
- Mencetak Leger, Rapor selepas seluruh nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan juga wali kelas.
- Sinkron Nilai ke Dapodik.
- Backup Data e-Rapor
c. Cara Login
Berikut ini adalah cara mudah untuk login di dalam aplikasi E- rapor, yaitu:
- Kalin buka browser di dalam komputer client, lalu di dalam URL ketikkan IP server lengkap dengan port E-rapor.
Contoh: Jika IP Komputer server ialah 192.168.1.254, maka pada url client ialah : https://ift.tt/2LEXswC atau bisa juga diakses dengan memakai URL https://ift.tt/J0enKV1 - Username: admin
- Password: admin123456
- Level User: Sekolah
- Semester sesuai dengan semester yang sedang berjalan.
- Lalu klik tombol “Masuk”.
Untuk informasi lebih jelasnya silahkan kalian unduh aplikasi beserta panduan e-Raport tersebut pada link yang akan dicantumkan di bawah.
Download Aplikasi E Raport
Berikut ini merupakan link download dari Aplikasi E – Raport SMP versi terbaru yang dapat kalian unduh: Aplikasi E Raport Versi 2.2.
Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa Aplikasi E-Raport pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dengan beberapa versi lainnya seperti berikut ini:
- Aplikasi E-Raport Versi 1.0 (Download).
- Aplikasi E-Raport Versi 1.0.3 (Download).
- Panduan Penggunaan Aplikasi E-Raport SD (Download).
Versi 1.0 dan juga Versi 1.0.3. Satuan Pendidikan bisa memakai salah satu dari aplikasi tersebut.
Pada umumnya Satuan Pendidikan masih memakai E-Raport Versi 1.0, serta pada Versi 1.0.3 masih jarang yang memakainya.
The post Aplikasi E Raport appeared first on Yuksinau.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment