Strategi Pemasaran - Pak Dosen
Memang cukup menarik bila kita membahas mengenai Strategi Pemasaran terlebih untuk Anda yang saat ini memang sedang mencarinya. Seperti yang tertulis pada judul kita akan membahas tentang "Strategi Pemasaran" secara lengkap, mulai dari awal hingga akhir dan kami menyusunnya sedemikian rupa supaya para pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Baiklah yuk langsung disimak saja.
Uraian Lengkap Strategi Pemasaran
Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Strategi Pemasaran? Mungkin anda pernah mendengar kata Strategi Pemasaran? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, jenis, fungsi, tujuan, faktor, konsep, unsur, prinsip, dinamika dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran ialah suatu sistem sebuah perusahaan untuk menggapai tujuan, karena kemampuan untuk memasarkan hipotesis terpilih pada beberapa orang yang memahami kondisi tersebut.
Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah beberapa pengertian strategi pemasaran menurut para ahli yaitu:
1. Menurut Kotler (2008:25)
“Strategi pemasaran adalah proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga keserasian antara tujuan perusahaan, sumber daya perusahaan, dan peluang pasar yang terus berubah, dengan tujuan untuk membentuk dan menyesuaikan usaha perusahaan dan produk yang dihasilkan sehingga bisa mencapai keuntungan dan tingkat pertumbuhan yang menguntungkan”.
2. Menurut (Rangkuti, 2009:3)
Strategi yaitu suatu alat untuk mencapai tujuan. Tujuan utamanya adalah supaya perusahaan dapat melihat secara obyektif kondisi-kondisi internal dan eksternal, sehingga perusahaan dapat mengantisipasi perubahan lingkungan eksternal. Dalam hal ini dapat dibedakan secara jelas fungsi manajemen, konsumen, distributor, dan pesaing.
3. Menurut David (2009 : 18)
Strategi adalah sarana bersama dengan tujuan jangka panjang hendak dicapai. Strategi bisnis mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengetatan, divestasi, likuidasi dan usaha patungan atau joint venture. Dapat disimpulkan bahwa Strategi adalah suatu proses perencanaan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan serta merupakan suatu acuan atau landasan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Menurut Paul dan Guiltinan
Strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu perusahaan. Cara yang digunakan yaitu dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.
5. Menurut Tjiptono
Strategi pemasaran adalah sebuah alat yang dirancang dan direncanakan secara fundamental. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan bersaing melalui program khusus dalam melayani pasar secara berkesinambungan.
6. Menurut Michael Baker
Strategi pemasaran adalah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
7. Menurut Christian Homburg
Strategi pemasaran adalah semua upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran. Hal ini berhubungan erat dengan analisis situasi awal strategis perusahaan. Biasanya strategi tersebut dimulai dari perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis dari strategi pemasaran, yakni sebagai berikut:
-
Pemasaran Tidak Terdiferensiasi
Strategi jenis ini berpendapat bursa sebagai kelengkapan, jadi perusahaan hanya mencermati keperluan secara umum. Produk yang diperoleh dan dibursakan umumnya hanya satu produk saja dan berusaha memikat pelanggan dengan satu strategi pemasaran saja.
-
Pemasaran yang Dibedakan
Strategi pemasaran ini mengoperasikan keperluan beberapa kelompok spesifik dengan satu jenis produk spesifik saja. Jadi perusahaan memperoleh produk yang berbeda sesuai dengan unit bursa. Dengan kata lain penghasil dan perusahaan mempromosikan beragam macam pembaruan produk yang dibandingkan keperluan kelompok pelanggan yang berbeda dengan program pemasaran yang umum diminta fase kesuksesan pemasaran pada tiap-tiap unit tersebut berhasil.
-
Pemasaran Terkonsentrasi
Strategi pemasaran tersebut mengutamakan pemasaran produk ke dalam jumlah unit bursa dengan penilaian dependensi sumber daya yang dipunyai oleh perusahaan.
Fungsi Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari strategi pemasaran, yakni sebagai berikut:
1. Menumbuhkan semangat untuk berasumsi jauh ke depan
Strategi pemasaran mendorong manajemen perusahaan untuk berasumsi keluar dari kotak, kondisi tersebut sangat didorong untuk melindungi kesinambungan perusahaan.
2. Penyelarasan pemasaran yang lebih efisien dan terancana
Strategi pemasaran berfungsi untuk mengelola arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat kelompok penyelarasan menjadi jauh lebih baik dan terancana.
3. Bisa memformulasikan tujuan perusahaan yang akan diraih
Dengan strategi pemasaran, pelasana usaha dapat tertolong untuk mendetail tujuan yang perlu diraih oleh perusahaan, baik itu tujuan waktu panjang maupun waktu pendek.
4. Kontrol aktivitas pemasaran lebih efisien atas standard kemampuan kerja
Kontrol aktivitas anggota kelompok lebih diingat-ingat supaya perkembangan bobot dan nilai semakin aman.
Tujuan Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari strategi pemasaran, yakni sebagai berikut:
- Untuk perkembangan bobot penyelarasan dalam anggota pemasaran
- Untuk menakar hasil pemasaran menurut keriteria kemampuan yang berlaku
- Untuk menyampaikan aturan yang rasional dalam setiap pengambilan hasil
Faktor-Faktor Strategi Pemasaran
-
Orientasi Konsumen
- Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
- Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
- Menentukan produk dan program pemasarannya.
- Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan serta tingkah laku mereka.
- Mentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang baik, harga yang murah atau model yang menarik.
-
Koordinasi dan integrasi dalam perusahaan
-
Mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen
Konsep Strategi Pemasaran
Berikut ini adalah konsep dari strategi pemasaran yaitu:
1. Konsep Produksi
2. Konsep Produk
3. Konsep Penjualan
4. Konsep Pemasaran
5. Konsep Pemasaran Sosial
6. Konsep Pemasaran Global
Unsur Strategi Pemasaran
Berikut ini adalah unsur strategi pemasaran yaitu:
Strategi Pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau pemasaran terhadap permintaan produk atau produknya di pasar sasaran tertentu. Perusahaan dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab setiap jenis program (seperti peroklanan, promosi penjualan, Personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan.
Prinsip Strategi Pemasaran
Pada prinsipnya, konsep ini mencerminkan pola penjualan sepanjang waktu. Pola tersebut dikelompokkan ke dalam 4 tahap utama:
-
Tahap perkenalan (introduction)
Dalam tahap ini suatu produk diperkenalkan atau diluncurkan ke pasar. Karena belum ada pesaing langsung, maka konsumen harus dididik mengenai jenis produk yang ditawarkan, cara pemakaiannya, tipe konsumen yang dituju, dan tempat-tempat yang menjualnya.
-
Tahap pertumbuhan (growth)
Pada tahap ini, produk semakin luas dikenal dan penjualan mengalami pertumbuhan pesat. Ini dikarenakan sudah banyak konsumen baru yang membelinya dan kemungkinan pula bahwa konsumen menemukan lebih banyak cara untuk menggunakan produk bersangkutan.
-
Tahap kedewasaan (Maturity)
Tingkat pertumbuhan penjualan mencapai titik kejenuhan dalam tahap kedewasaan, karena hamper semua pembeli potensial telah masuk ke pasar.
-
Tahap penurunan (Decline)
Penjualan secara perlahan menurun karena adanya perubahan selera konsumen, perubahan teknologi, atau adanya introduksi baru yang lebih canggih yang lebih disukai konsumen.
Dinamika Strategi Pemasaran
Literatur strategi bisnis dan strategi pemasaran diinspirasi dan diadaptasi dari konteks militer pada mulanya strategi diartikan sebagai seni atau ilmu untuk menjadi seorang jenderal yang diharapkan mampu memimpin angkatan perang dan memenangkan pertempuran.
1. Fase Budgeting dan overall strategy
Kemunculan dan perkembangan dramatic strategi bisnis modern dipicu oleh dua tren yang berlangsung sejak berakhirnya perang dunia II. Kedua tren tersebut adalah:
- Perkembangan teknik penganggaran (budgeting)
- Usaha pencarian cara efektif merealisasikan strategi perusahaan menyeluruh.
2. Fase long-range planning
Beralih focus pada budgeting kea rah perencanaan jangka panjang didorong oleh tiga factor utama, yaitu :
- Konsekuensi jangka jarak dari keputusan anggaran tahunan.
- Pentingnya penetapan tujuan dan sasaran.
- Perkembangan teknik-teknik peramalan bisnis.
Memasuki pertengahan dekade 1970-an, perencanaan jangka panjang mulai ditinggalkan, penyebabnya antara lain:
- Ramalan atau prediksi jangka panjang tidak akurat dan hamper selalu meleset jauh dari yang diharapkan
- Perencanaan jangka panjang tidak dapat memfasilitasi secara efektif supaya pengalokasian sumber daya secara optimal pada berbagai bidang bisnis atau peluang investasi.
- Konsep perencanaan jangka panjang dipasarkan secara berlebihan, sehingga menimbulkan ekspektasi yang cenderung tidak realistis.
3. Fase fortfolio (Formula) planning
Perencanaan portofolio merupakan skema konseptual yang konsisten dan mudah dipahami untuk keperluan pengalokasian sumber daya dalam perusahaan multi bisnis.
4. Fase strategi generic porter
Pandangan Michael E Porter yang dituangkannya dalam trilogy buku strategi bersaing berpengaruh signifikan terhadap wacana dan diskusi strategi hingga kini.
5. Fase restrukturisasi, kepuasan pelanggan dan kecepatan
Restrukturisasi menjadi salah satu tren yang mendominasi aksi strategi pada dekade 1990-an. Latar belakang lainnya yang mendorong restrukturisasi adalah keinginan untuk memangkas birokrasi dan mempercepat respons terhadap setiap gerakan pesaing maupun perubahan lingkungan. Ada beberapa tren strategi pemasaran yang berkembang sejak akhir dekade 1990-an meliputi :
- Peralihan dari peramalan menjadi keunggulan bersaing
- Peralihan dari elitism menjadi egalitarianism
- Peralihan dari pesaing menjadi pesaing dan pelanggan
- Peralihan dari kalkulasi menjadi kreatifitas
- Peralihan dari kekakuan menjadi fleksibilitas
Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru
Berikut ini adalah beberapa contoh strategi pemasaran produk baru yaitu:
-
Strategi pemasaran menggunakan sosial media
-
Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi
-
Strategi pemasaran kerjasama dengan reseller dan dropship
-
Strategi pemasaran online shop
The post Strategi Pemasaran first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment