Logo adalah - Pak Dosen

Logo adalah - Beberapa waktu lalu banyak yang mencari informasi terkait "Logo adalah?" Sebenarnya hal ini pula yang memberi inspirasi kepada kami dalam pembuatan situs Chip Online ini. Sebuah situs yang berisi informasi seputar dunia pendidikan khususnya, dan informasi atau pengetahuan umum lainnya.

Memang cukup menarik bila kita membahas mengenai Logo adalah terlebih untuk Anda yang saat ini memang sedang mencarinya. Seperti yang tertulis pada judul kita akan membahas tentang "Logo adalah" secara lengkap, mulai dari awal hingga akhir dan kami menyusunnya sedemikian rupa supaya para pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Baiklah yuk langsung disimak saja.

Uraian Lengkap Logo adalah

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Logo ?Mungkin anda pernah mendengar kata Logo? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, prinsip, jenis, aspek, manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Logo

Pengertian Logo

Logo merupakan suatu gambar, simbol atau sekadar sketsa yang menjadikan ciri khas yang membedakan brand atau produk dengan produk yang lain dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya


Ciri-Ciri Logo Yang Baik

Berikut adalah ciri-ciri logo yang baik antara lain yaitu:

  • Tidak meniru logo lain
  • Menggunakan font yang tepat
  • Tidak memakai terlalu banyak warna
  • Tidak berisi lebih dari 3 warna.
  • Tidak berisi objek yang tidak memiliki arti dan filosofi.
  • Brand name atau nama merek mudah terbaca.
  • Logo Anda dengan mudah dapat dikenali.
  • Logo memiliki bentuk yang unik, profesional dan original.
  • Tidak ada unsur plagiat atau copy-paste.
  • Tidak ada unsur clip art atau memasukkan komponen logo orang lain kedalam logo Anda.
  • Tidak ada unsur sara, porno atau segala hal yang mengajak orang berfikir negatif dan multi tafsir.
  • Logo Anda tidak hilang dalam ukuran kecil, namun tetap tampak baik walau dalam ukuran yang besar.
  • Logo Anda dapat diaplikasikan dalam komponen warna hitam dan putih, kemudian logo Anda tetap dikenali dengan mudah.

Adapun beberapa fungsi logo antara lain yaitu:

  1. Sebagai salah satu strategi marketing
  2. Sebagai identitas diri. Supaya dapat membedakan dengan identitas milik orang lain
  3. Untuk Mengidentifikasi suatu perusahaan
  4. Sebagai tanda Jaminan kualitas
  5. Untuk mencegah peniruan/pembajakan
  6. Untuk menamah nilai positif
  7. Sebagai propergi legal suatu produk atau organisasi
  8. Untuk mengkomunikasikan informasi seperti keaslian, nilai dan kualitas.

Prinsip Logo

Berikut adalah prinsip logo antara lain sebagai berikut:

1. Simple( Sederhana)

Logo yang baik merupakan logo yang simple atau sederhana. Logo yang sederhana akan memudahkan audiens untuk mengingat dan mengenalinya. Terutama ketika logo diaplikasikan dalam sebuah billboard di pinggir jalan.


2. Memorable ( Mudah Diingat)

Sebuah logo yang efektif adalah logo yang gampang diingat. Hal tersebut diperoleh dari prinsip logo sebelumnya yaitu logo yang simple.. Di beberapa kasus, peneliti pasar menemukan anak-anak bisa mengenali logo merk bahkan sebelum mereka bisa ingat namanya sebuah logo.


3. Timeless( Tidak Termakan Waktu)

Logo yang baik merupakan logo yang tak lekang oleh waktu. Berapa lama logo perusahaan tersebut akan mampu bertahan? dalam jangka waktu 10 tahun, 20 tahun ataukan 50 tahun.


4. Versatile( Serbaguna)

Sebuah logo yang sederhana dan efektif harus dapat diaplikasikan diberbagai medium. Oleh karena itu logo seharusnya bersifat fungsional, bisa ditempatkan baik secara vertical maupun horizontal. Dapat juga diletakkan di media cetak maupun media elektronik. Maka akan memunculkan pertanyaan logo akan efektif apabila: dicetak dalam satu warna, dicetak dalam ukuran besar maupun dalam skala yang kecil, dicetak dalam ukuran yang sangat besar seperti halnya billboard atau juga dicetak dalam background yang berwarna gelap maupun berwarna terang.


5. Appropriate ( Sesuai)

Terakhir dan tak kalah penting adalah logo tersebut harus pantas. Yang dimaksud dengan pantas disini adalah apakah logo tersebut sudah mampu mewakili perusahaan sesuai dengan tujuan perusahaan. Misalnya logo untuk produk anak-anak, atau logo untuk produk-produk orang dewasa disesuaikan dengan pemilihan warnanya, ilustrasi maupun pemilihan font.


Berikut adalah jenis-jenis logo antara lain sebagai berikut:

1. Word Mark Logo

Word Mark Logo merupakan logo yang dibentuk hanya dengan menggunakan teks nama perusahaan sebagai tanda pengenalnya tanpa menambahkan ornamen berupa simbol atau lain-lain. Dalam logo jenis ini perusahaan menyampaikan filosofinya dengan memainkan jenis teks dan warna, dan terkadang perusahaan juga menyisipkan pesan khusus dalam white space.


2. Pictorial Mark Logo

Pictorial Mark Logo merupakan logo yang dibuat dengan menggunakan simbol atau gambar yang unik dan tentunya berkaitan dengan identitas perusahaan. Dalam logo jenis ini, adakalanya ditambahkan juga nama perusahaan sebagai elemen pendukungnya.


3. Abstract Mark Logo

Pada Umumnya Abstract Mark Logo memiliki sedikit prinsip yang sama dengan Pictorial Mark Logo. Kedua jenis logo ini sama-sama menggunakan gambar sebagai elemen utamanya. Namun pada Abstract Mark Logo, logo biasanya menggunakan bentuk-bentuk atau simbol-simbol yang abstrak dalam menyampaikan filosofi perusahaan.


4. Letter Form Logo

Letter Form Logo merupakan logo yang dibuat dengan menggunakan satu atau dua huruf inisial perusahaan yang sudah dibentuk sedemikian rupa sebagai elemen utama dan ditambahkan gambar/bentuk lain sebagai elemen pendukungnya. Dalam logo jenis ini bisa juga disisipkan nama perusahaan sebagai penguat.


5. Emblem Logo

Logo jenis ini banyak ditemukan pada logo klub-klub sepakbola juga perusahaan otomotif. Pada dasarnya Emblem Logo menggunakan Shield sebagai dasar logonya. Logo ini kurang aplikatif untuk digunakan di berbagai media, namun secara tampilan logo ini memiliki detail yang lebih menarik dan terlihat eksklusif.


6. Character / Mascot Logo

Character merupakan jenis logo yang menggunakan maskot sebagai elemen utamanya. Meskipun sedikit susah jika diaplikasikan ke beberapa media, tapi justru logo jenis ini lebih banyak disukai orang-orang karena keunikannya. Dengan kemampuannya untuk menyita perhatian yang lebih baik daripada jenis logo lain, biasanya perusahaan yang menggunakan logo jenis ini akan lebih mudah dikenali.


7. Web 2.0 Logo

Logo jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan website/aplikasi sebagai jasanya. Web 2.0 Logo merupakan logo yang dibuat dengan efek emboss sehingga terdapat efek timbul/3d dan kesan futuristik.


  • Logotype: merupakan logo yang memakai wordmark (Kata/nama dengan unsur tipografi)
  • Logogram: merupakan logo yang memakai ikon (ilustratif atau inisial)
  • Serta jenis logo yang menggabungkan antara kedua jenis diatas, sehingga membuat logo lebih komplit.

Berikut adalah aspek logo diantaranya yakni:

  1. Original dan distinctive. Bisa disebut mempunyai ciri khas, unik, mempunyai daya pembeda yang jelas dengan logo lain.
  2. Legible: Mempunyai tingkat keterbacaan yang tinggi ketika diaplikasi ke dalam berbagai ukuran dan media promosi.
  3. Simple atau sederhana: Dapat mudah dimengerti dan ditangkap dalam waktu yang relatif singkat
  4. Memorable: Dapat mudah di ingat karena keunikannya dalam waktu relatif lama
  5. Easy associated with the company: Logo yang baik adalah mudah untuk dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usaha dan citra suatu perusahaan atau organisasi
  6. Easily adabtable for all graphic media: Faktor kemudahan mengaplikasikan logo baik yang berbentuk fisik, warna maupun konfigurasi logo pada berbagai media grafis perlu diperhitungkan pada saat proses perencanangan. Agar terhindar dari kesulitan dalam penerapannya.

Manfaat Sebuah Logo

Adapun beberapa manfaat dari pembuatan sebuah logo antara lain yaitu:

1. Simbol Khusus

Dengan adanya logo ini biasanya akan menunjang pengenalan suatu produk atau jasa perusahaan, sehingga dapat meninggalkan kesan untuk para konsumen dan juga calonnya. Logo perusahaan biasanya juga menjadi simbol khusus atau ikon yang bisa diingat oleh kebanyakan orang.


2. Membedakan dengan Produk Lain

Biasanya sebuah perusahaan, memiliki logo yang membedakan dengan produk lain hal ini tentu akan lebih memudahkan pelanggan untuk membedakan produk Anda dengan yang lainnya.


3. Sarana Promosi

Logo perusahaan bisa sangat membantu hal promosi, lho. Karena logo bisa menyampaikan pesan sederhana yang akan tergambar dari desainnya. Dengan begitu, Anda bisa akan lebih mudah mempromosikan bisnis sehingga para pelanggan pun bisa lebih mengenal produk Anda.


Contoh Logo

1. Contoh Logo Makanan

Contoh Logo Makanan


2. Contoh Logo Minuman

Contoh logo minuman


3. Contoh Logo Online-Shop

Contoh Logo Online-Shop


4. Contoh logo Sepatu

Contoh logo Sepatu


Demikian Penjelasan Materi Tentang Logo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Prinsip, Jenis, Aspek, Manfaat

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

The post Logo adalah first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Semoga saja pembahasan Logo adalah - Pak Dosen diatas bisa menambah wawasan kita semua. Tak lupa kami ucapkan banyak-banyak terima kasih sudah berkunjung ke situs chipcoid. blogspot. com dan membaca uraian diatas hingga selesai. Sampai ketemu di postingan selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memperpendek Link - Berakal

Cara Download MP3 dari YouTube - Berakal

Topologi Star - Yuk Sinau